4 Indikator Kepuasan Pelanggan yang Harus Kamu Tau

Indikator Kepuasan Pelanggan

Dalam menjalani bisnis, Kamu memerlukan indikator kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan adalah hal wajib diketahui oleh seluruh pebisnis.

Dengan mengetahui kepuasan pelanggan, Kamu jadi bisa menilai apakah selama ini baik produk atau pelayanan yang Kamu berikan sudah memenuhi kebutuhan pelanggan atau belum.

Nah, kali ini Saya ingin membahas beberapa indikator kepuasan pelanggan yang harus Kamu tau saat menjalani bisnis.

1. Respon Emosional

Respon Emosional
Respon Emosional

Kamu bisa menilai tingkat kepuasan pelanggan dari respon emosional yang mereka tunjukkan ketika menggunakan atau mengonsumsi produk yang Kamu jual.

Contohnya misal Kamu menjual pakaian atau apapun itu, lalu ada salah satu calon pembeli yang mencoba pakaian best seller Kamu.

Nah, Kamu bisa melihat ekspresi mereka ketika menggunakan pakaian tersebut. Bisa dilihat apakah mereka merasa senang atau merasa kurang dengan produk Kamu itu.

2. Keluhan atau Kritik

Keluhan atau Kritik
Keluhan atau Kritik

Nah, keluhan atau kritik dari pelanggan juga harus perhatikan. Tampung seluruh keluhan dan kritik tersebut, lalu lihat ada berapa banyak keluhan yang sama.

Setelah itu Kamu bisa memperbaiki masalah dari keluhan tersebut, sehingga tidak ada lagi pelanggan yang mengeluh atau mengkritik tentang masalah tersebut.

3. Analisis Konsumen

Analisis Konsumen
Analisis Konsumen

Ada 2 tipe pelanggan yang harus Kamu ketahui, yaitu konsumen loyan dan konsumen musiman. Konsumen Loyal atau biasa disebut langganan akan datang kepada produk Kamu kapan pun tanpa harus diberi iming-iming promo ataupun hadiah.

Sedangkan konsumen musiman adalah tipe konsumen yang akan datang ketika Kamu mengadakan promosi atau event-event tertentu.

Kamu bisa menilai kepuasan pelanggan dengan membandingkan antara konsumen loyal dan konsumen musiman yang datang ke tempatmu.

Jika jumlah konsumen loyal lebih banyak, maka produk dan pelayanan yang Kamu berikan bisa dikatakan sudah cukup baik.

4. Analisis Mantan Pelanggan

Analisis Mantan Pelanggan
Analisis Mantan Pelanggan

Memang sedih jika kita harus kehilangan pelanggan, tapi dari hal tersebut kita juga bisa belajar untuk meningkatkan kualitas bisnis Kamu.

Kamu bisa menganalisa apa yang menyebabkan pelanggan tersebut meninggalkan Kamu, dengan begitu Kamu bisa tau masalah dan segera memperbaikinya.

Nah, itulah beberapa cara melihat indikator kepuasan pelanggan yang harus Kamu tau. Selamat mencoba ya!