5 Strategi Pemasaran Ala Nike yang Bisa Kamu Tiru
Siapa yang nggak tau sama brand terkenal Nike? Brand yang terkenal dengan slogan “Just Do It” ini memiliki strategi pemasaran yang begitu unik dan terbukti sukses.
Sebuah brand atau produk tentu saja perlu memiliki strategi pemasaran. Nah, berikut ini ada beberapa strategi pemasaran ala Nike yang bisa Kamu tiru.
Sejarah Nike
Sebelum kita membahas strategi pemasaran ala Nike, mungkin diantara Kamu ada yang berpikir,
“Nike kan brand besar, gimana cara Kita meniru strategi pemasarannya?”
Eits, mungkin Kamu belum tau, Nike didirikan oleh Bill Bowerman dan Phil Knight dengan modal $1.200 atau sekitar Rp16 Juta.
Nah, dengan strategi pemasarannya, Nike kini berhasil menjadi brand yang dikenal seluruh dunia. Sekarang mari kita bahas beberapa strategi pemasaran dari Nike yang bisa Kamu tiru.
1. Tidak Hanya Menjual Produk, Tapi Juga Menginspirasi

Sadar nggak sih? Dalam mempromosikan produknya, Nike sangat jarang “menjual” produknya secara terang-terangan?
Nike lebih mengutamakan Emotional Branding untuk strategi pemasarannya. Dengan Emotional Branding, setiap pemasaran yang dilakukan mereka selalu menciptakan perasaan konsumen.
Bahkan tagline-nya “Just do it” saja sudah mendorong emosional banyak orang. Gimana? Strateginya cukup kuat kan?
2. Membuat Iklan yang Viral

Nah, Nike memang dikenal paling jago dalam membuat iklan yang viral. Iklan mereka selalu sukses disukai, dibicarakan, bahkan banyak dibagikan oleh orang di seluruh dunia.
Tentunya Kamu juga bisa menerapkan strategi ini untuk pemasaran brand atau produk Kamu. Buatlah iklan yang bisa mendatangkan audiens lebih banyak.
3. Selalu Berinovasi

Sebagai salah satu brand yang besar, Nike tidak pernah berhenti untuk melakukan inovasi dengan produk yang mereka miliki.
Salah satu contohnya adalah dengan mengaplikasikan beragam teknologi serta fitur-fitur canggih pada produk sepatunya.
Tentunya cara ini juga bisa Kamu terapkan dalam bisnismu. Dengan selalu melakukan inovasi, tentunya akan semakin menarik minat terhadap produk Kamu kan?
4. Berkolaborasi dengan Brand Lain

Meski sudah terkenal, Nike tetap selalu berusaha untuk berkembang dan mendapatkan keuntungan berkali-kali lipat setiap tahunnya.
Salah satu caranya agar terus berkembang adalah dengan melakukan kolaborasi dengan brand lain, salah satunya dengan brand ternama Dior. Tentunya dari kolaborasi tersebut, Nike berhasil meraup keuntungan yang sangat banyak.
Nah, strategi ini bisa Kamu tiru untuk produk Kamu. Dengan melakukan kolaborasi, maka akan jadi semakin banyak orang yang akan mengenal produk Kamu.
5. Memaksimalkan Media Sosial

Media Sosial adalah platform yang sangat berpotensi besar untuk menjalin hubungan yang dekat dengan calon konsumen.
Nike menyadari hal itu dan sangat memaksimalkan penggunaan media sosial untuk brand mereka. Contohnya seperti di Twitter, mereka mengusahakan untuk membalas tweet para followers-nya.
Bahkan mereka juga sering kali membuat “call-to-action” atau ajakan untuk membuat konsumen merespon dan terkoneksi dengan brand.
Jadi, apakah Kamu sudah memaksimalkan media sosial sebagai salah satu strategi pemasaran Kamu?
Nah, itulah beberapa strategi pemasaran Nike yang bisa Kamu tiru. Walaupun saat ini brand Kamu masih belum sebesar Nike, tapi dengan konsistensi dan kerja keras, semoga brand Kamu bisa bersaing dengan brand sebesar Nike ya. Intinya Just do it!