Apa Itu Loyalitas Konsumen? Bagaimana Cara Mempertahankannya
Dalam membangun sebuah bisnis memanglah tidak mudah, terlebih lagi ada banyak persaingan bisnis yang setiap harinya semakin bertambah.
Tentunya para pemilik bisnis saling berlomba-lomba untuk menarik perhatian para calon konsumennya dengan melakukan promosi, memberikan potongan harga, dan lain sebagainya.
Maka dari itu konsumen merupakan faktor terpenting dalam berbisnis. Tanpa adanya loyalitas konsumen, bisnis apapun yang Kamu jalankan tidak akan bisa bertahan.
Tapi banyak yang nggak tau nih apa itu loyalitas konsumen, dan bagaimana cara mendapatkan loyalitas konsumen serta cara mempertahankannya.
Apa Itu Loyalitas Konsumen?
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), loyalitas itu berarti kepatuhan atau kesetiaan. Jadi Loyalitas Konsumen juga bisa diartikan sebagai kesetiaan konsumen Kamu terhadap bisnis Kamu.
Loyalitas konsumen adalah komitmen pelanggan terhadap suatu produk, toko, atau perusahaan untuk melakukan pembelian dalam waktu yang cukup panjang.
Contohnya seperti setiap hari Kamu selalu membeli produk A, maka Kamu secara tidak langsung loyal terhadap produk tersebut.
Tentunya loyalitas konsumen memiliki kaitan yang sangat erat dengan kepuasan konsumen terhadap kualitas atau pelayanan yang diberikan oleh si pemilik produk atau layanan.
Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, loyalitas konsumen itu tidak bisa didapatkan dengan mudah dan dalam waktu singkat. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen. Faktor-faktor tersebut antara lain adalah:
1. Kualitas dan Layanan

Faktor terbesar yang mampu mempengaruhi loyalitas konsumen adalah kualitas dan layanan. Tanpa adanya kualitas dan layanan yang baik, maka Kamu akan sulit untuk mendapatkan pelanggan yang setia. Maka dari itu, Kamu harus selalu menjaga kualitas dan pelayanan.
2. Kemudahan dan Kenyamanan

Di zaman serba canggih dan cepat seperti sekarang ini, kemudahan dan kenyamanan untuk mendapatkan produk atau jasa Kamu juga menjadi faktor penting untuk mendapatkan loyalitas konsumen.
Pernah nggak sih Kamu batal membeli suatu produk karena prosesnya yang sangat ribet dan menyusahkan? Kalau pernah, berarti Kamu tipe konsumen yang mengutamakan kemudahan dan kenyamanan saat bertransaksi.
Maka dari itu dalam membangun sebuah bisnis, Kamu perlu pastikan bahwa orang-orang akan mudah untuk mendapatkan produk atau jasa Kamu. Selain itu, proses mendapatkannya pun juga harus nyaman.
3. Ikatan Emosional

Faktor selanjutnya yang mampu mempengaruhi loyalitas konsumen adalah ikatan emosional antara konsumen tersebut dengan sebuah brand.
Contohnya gini, setiap hari Kamu sudah terbiasa menggunakan produk-produk dari Brand A. Nah, ketika Kamu ditawarkan Brand B untuk menggunakan produk-produk mereka yang serupa dengan Brand A, mungkin Kamu bakal berpikir dua kali.
Itu berarti secara tidak langsung Kamu sudah memiliki ikatan emosional dengan produk-produk dari Brand A.
4. Kredibilitas

Pernah kepikiran nggak? Kenapa produk-produk dari brand besar seperti Nike, Apple, maupun Samsung selalu laris di pasaran?
Hal itu karena kredibilitas yang dimiliki oleh brand-brand tersebut. Orang-orang percaya terhadap brand tersebut, dan mereka yakin bahwa produk yang dikeluarkan oleh brand-brand tersebut dapat berfungsi dengan baik dan tidak mengecewakan.
Nah, kalau Kamu sudah bisa membangun kredibilitas pada bisnismu, maka Kamu nggak perlu lagi mempertanyakan loyalitas konsumenmu.
Itulah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi loyalitas konsumen. Tapi setelah mendapatkan loyalitas konsumen, jangan dibiarin gitu aja. Kamu perlu tau cara mempertahankan loyalitas konsumen.
Cara Mempertahankan Loyalitas Konsumen
Mempertahankan loyalitas konsumen tidaklah mudah. Ada beberapa cara yang bisa Kamu lakukan seperti:
1. Tingkatkan Kualitas

Meskipun Kamu sudaha mendapatkan loyalitas konsumen, Kamu harus tetap bisa menjaga dan meningkatkan kualitas yang Kamu berikan, baik untuk produk maupun pelayanan.
Selalu riset apa yang dibutuhkan oleh konsumen Kamu, dan Kamu juga harus terus menyesuaikan diri terhadap kebutuhan para konsumen.
Dengan begitu Kamu bisa memenuhi kebutuhan konsumen Kamu dengan produk maupun pelayanan yang terbaik.
2. Membuat Program Khusus Pelanggan

Cara lain untuk menjaga kesetiaan pelanggan adalah dengan membuat program pelanggan seperti kartu khusus anggota. Nantinya pelanggan yang memiliki kartu anggota tersebut bisa mendapatkan banyak keuntungan seperti tukar poin, dapat potongan harga, dapat doorprize, voucher belanja, maupun hal lainnya.
3. Jalin Hubungan yang Baik Dengan Konsumen

Nah, cara terakhir yang bisa Kamu lakukan untuk menjaga loyalitas konsumen adalah dengan menjaga hubungan yang baik dengan para konsumen tersebut.
Menjalin hubungan dengan konsumen ada banyak cara, bisa dengan membuat konten yang bermanfaat untuk dirinya atau bahkan Kamu langsung berinteraksi baik melalui pesan ataupun secara langsung.
Biar makin mudah berinteraksi dengan konsumen, Kamu bisa memanfaatkan tool WatZap loh.
Itulah beberapa cara menjaga loyalitas konsumen yang bisa Kamu terapkan dalam berbisnis. Jangan lupa dipraktekin dalam bisnis Kamu ya!