Cara Membuat Copywriting yang Menarik
Saat membuat pesan promosi, Kamu perlu menggunakan ilmu copywriting agar bisa menarik calon pembeli. Tapi masih banyak yang bingung nih, gimana cara membuat copywriting yang menarik calon pembeli.
Nah, pada kesempatan kali ini, Saya mau kasih tips bagaimana cara membuat copywriting yang menarik banyak pembeli dengan mudah. Jadi untuk Kamu yang mau tau, langsung aja simak artikel ini sampai habis ya!
Begini Cara Membuat Copywriting yang Menarik
Copywriting adalah salah satu teknik seni penulisan yang memiliki tujuan untuk mendapatkan respon dari para pembacanya.
Jadi bisa dibilang Copywriting dibuat agar calon pembeli bisa tertarik dengan produk Kamu. Nah, berikut ini ada beberapa cara membuat copywriting yang menarik.
1. Riset Terlebih Dahulu

Sebelum membuat suatu copywriting, Kamu harus melakukan riset terlebih dahulu. Target market seperti apa yang Kamu inginkan. Karena dengan menentukan target market Kamu, maka Kamu bisa jadi lebih mudah dalam membuat copywriting.
Pastinya nggak mungkin dong Kamu pakai bahasa gaul dengan target market Kamu yang berusia 40 tahun ke atas?
Maka dari itu, dengan melakukan riset, Kamu bisa menentukan siapa, pekerjaan, usia, hingga domisili mereka untuk membantu Kamu membuat copywriting yang tepat.
2. Buat Headline yang Menarik

Headline adalah salah satu kunci yang membuat calon pembeli mau membaca isi pesan Kamu. Kamu harus membuat headline yang mampu membangun rasa penasaran, atraktif, atau bisa mengalihkan perhatian.
Ada banyak cara yang bisa Kamu terapkan untuk membuat headline yang menarik, salah satu contohnya seperti menggunakan data atau angka, menyita perhatian, hingga memberikan alasan yang kuat agar si pembaca mau membaca copywriting tersebut sampai habis.
3. Tonjolkan Manfaat Dibanding Fitur

Orang-orang itu beli tidur nyenyak, bukan kasur empuk. Orang-orang beli wajah mulus, bukan krim jerawat. Maka dari itu penting banget untuk menjelaskan manfaat apa yang akan didapatkan oleh pengguna atau pembeli produk atau jasa Kamu.
Kasih tau manfaat sesuai dengan fakta yang ada, jangan dilebihkan. Karena jika tulisan Kamu yang membawa pengaruh kepada Audience ternyata tidak sesuai dengan apa yang mereka harapkan, maka bisa menjadi boomerang bagi Kamu.
4. Terapkan Strategi AIDA

Pernah dengar rumus AIDA? AIDA merupakan singkatan dari Attention, Interest, Desire, dan Action. Rumus ini sudah sering banget digunakan oleh para marketing saat membuat copywriting untuk bisnisnya.
Istilah yang ada di AIDA menunjukkan tahapan untuk mendapatkan konsumen. Jika dilakukan dengan tepat, AIDA bisa membantu Kamu meningkatkan penjualan.
Attention, berarti Kamu harus membuat copywriting yang menarik perhatian calon pembeli terlebih dahulu. Pastikan bahwa calon konsumen itu mengetahui produk atau brand Kamu itu ada.
Interest, adalah langkah selanjutnya setelah Kamu menarik perhatian mereka, yaitu dengan menarik minat mereka terhadap produk atau brand Kamu.
Desire, setelah calon konsumen tertarik dengan produk Kamu, tawarkan produk Kamu sebagai solusi atas masalah yang mereka hadapi. Meskipun terbilang cukup simple, Kamu tidak bisa melakukannya dengan tergesa-gesa. Kamu harus fokus pada manfaat dulu, dibandingkan fitur yang ada diproduk Kamu.
Action, adalah mengarahkan calon konsumen Kamu untuk melakukan pembelian. Terapkan call-to-action atau kalimat ajakan untuk mengarahkan calon konsumen Kamu untuk segera bertindak.
5. Gunakan Strategi 3S

Selain AIDA, ada juga strategi lain yang bisa Kamu terapkan saat membuat Copywriting. Nama strateginya adalah 3S (Star, Story, dan Solution).
- Star (Bintang): Adalah tokoh utama dari tulisan Kamu. Tokoh utama ini bisa diri Kamu sendiri, orang terkenal, pelanggan, atau siapa saja.
- Story (Cerita): Orang-orang itu suka diceritain. Ceritain tentang si “Star” yang mengalami masalah sama seperti yang calon pelanggan itu alami.
- Solution (Solusi): Kasih tau ke calon pelanggan itu bagaimana si “Star” menggunakan produk atau layanan Kamu untuk mengatasi masalahnya.
Strategi ini tentunya juga bisa Kamu kombinasikan dengan strategi AIDA. Dengan begitu isi copywriting Kamu jadi lebih menjual.
Nah, itulah beberapa cara membuat copywriting yang menarik pelanggan. Semoga membantu Kamu yang lagi belajar copywriting ya!