10 Cara Paling Efektif Untuk Menarik Minat Pelanggan

Dalam dunia usaha tentu saja kita membutuhkan cara untuk menarik pelanggan, bukan hanya perusahaan besar tapi usaha sekelas UMKM juga membutuhkan cara menarik pelanggan.

Maka dari itu yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana cara membuat pelanggan tertarik dan yakin untuk membeli produk kamu?. Simak tips berikut ini.

Meningkatkan Kualitas Produk

Meningkatkan Kualitas Produk
Meningkatkan Kualitas Produk

Cara pertama yang harus dilakukan yaitu tentu saja meningkatkan kualitas produk kamu. Hal ini harus kamu lakukan karena itu merupakan hal yang sangat penting.

Karena seperti yang kita ketahui, pastinya pelanggan akan lebih memilih untuk mencari produk dengan kualitas yang bagus, jika kita memiliki produk yang bagus tentu saja pelanggan akan tertarik dengan produk yang ada di toko kamu.

Promosi Produk

Promosi Produk
Promosi Produk

Cara kedua yang dapat kamu lakukan yaitu mempromosikan produk. Ini merupakan salah satu hal yang harus kamu lakukan jika kamu ingin menarik pelanggan, promosi dapat dilakukan dengan cara mengiklankan barang mu.

Jika kamu mengiklankan produk kamu maka akan semakin banyak orang yang mengetahui produk kamu dan tertarik dengan produk tersebut.

Ada berbagai cara untuk mempromosikan produk kamu selain mengiklankannya, berikut beberapa cara untuk mempromosikan produk kamu:

  • Social Media Marketing
  • Bekerja sama dengan Influencer
  • Promosikan menggunakan Blog

Atau kamu juga bisa menggunakan WatZap untuk mempromosikan produk kamu. WatZap adalah tool yang dapat mengirimkan pesan ke banyak nomor WhatsApp hanya dengan sekali klik.

Memberikan Diskon

Memberikan Diskon Dengan Jangka Waktu Tertentu
Memberikan Diskon Dengan Jangka Waktu Tertentu

Cara ketiga yang bisa kamu lakukan untuk menarik calon pelanggan adalah dengan memberikan diskon. Karena seperti yang kita ketahui, pelanggan akan mencari produk dengan harga yang sesuai dengan kantong mereka. Jadi tentu saja mereka akan mencari produk yang memiliki harga yang murah atau produk yang sedang diskon.

Tentu saja kamu tidak boleh sembarangan saat memberikan diskon. Pastikan kamu sudah menghitung terlebih dahulu diskon yang akan diberikan, sehingga kamu tidak mengalami kerugian. Selain itu, kamu juga dilarang untuk rutin memberikan diskon, karena hal itu akan menyebabkan pelanggan kamu lebih memilih belanja ketika ada diskon saja.

Oleh sebab itu, kamu harus tau kapan waktu yang tepat untuk memberikan diskon. Contohnya saat awal bulan, hari raya keagamaan, atau hari libur nasional. Buatlah penawaran spesial yang tidak akan ditolak oleh mereka, dengan begitu kamu bisa membuat event diskon yang menarik untuk calon pelanggan.

Memberikan Garansi Produk

Memberikan Garansi Produk
Memberikan Garansi Produk

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan yaitu memberikan garansi pada produk kamu Fitur garansi produk dapat meningkatkan rasa kepercayaan pelanggan saat membeli produk kamu.

Dengan adanya garansi, akan menjadi nilai lebih dari produk kamu dan membangun kepercayaan pelanggan. Tentu saja pelanggan akan kembali lagi ke toko kamu untuk berbelanja karena mereka telah memberikan kepercayaan kepada tokomu.

Menjaga Loyalitas Pelanggan

Menjaga Loyalitas Pelanggan
Menjaga Loyalitas Pelanggan

Cara kelima yang harus kamu lakukan adalah menjaga loyalitas pelanggan. Loyalitas pelanggan penting bagi usaha karena hubungan baik dengan pelanggan dapat membuat usaha kamu bertahan lama dan kuat.

Mengembangkan bisnis memang tidak mudah, apalagi jika kamu ingin menjadi pengusaha sejati, cobalah untuk fokus pada kesetiaan atau loyalitas pelanggan.

Loyalitas ini diperlukan untuk menjaga hubungan dengan pelanggan dalam jangka panjang. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat loyalty program.

Kamu harus ingat bahwa pelanggan setiamu merupakan pelanggan yang paling banyak menghabiskan waktu dan uangnya untuk membeli produk kamu. Jadi kamu bisa menawarkan loyalty program kepada mereka. Hal ini bertujuan agar mereka merasa senang.

Memberikan Pelayanan Terbaik

Berikan Pelayanan Terbaik
Berikan Pelayanan Terbaik

Cara ketujuh yang harus kamu lakukan adalah memberikan pelayan terbaik kepada pelanggan. Hal ini jelas harus kamu lakukan karena ini merupakan suatu hal yang penting. Pastinya kamu pernah mendengar istilah “Pelanggan adalah Raja”, bukan? Nah, memang pepatah ini benar adanya.

Kamu selaku pemilik usaha harus memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan. Dengan memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan maka mereka akan merasa puas dan bahkan bisa merekomendasikan usaha kamu kepada teman-temannya.

Jika sampai pelayanan usaha kamu jelek sehingga mendapatkan review yang negatif, maka untuk bisa mengembalikan seperti semula membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Jadi pelayanan terbaik menjadi salah satu kunci untuk meningkatkan penjualan dalam usaha kamu.

Buktikan dengan Testimoni & Review

Berikan Testimoni dan Review
Berikan Testimoni dan Review

Testimoni dan review dari pelanggan juga sangat penting. Karena dengan adanya testimoni dan review dari pelanggan, dapat meningkatkan rasa percaya pelanggan yang akan membeli produk kamu.

Biasanya ada konsumen yang tidak mudah percaya dengan kata-kata promosi dari penjual. Untuk itu kamu harus bisa memberikan bukti melalui testimoni dari pelanggan lain. Sebab pelanggan akan percaya dengan pembeli yang pernah mencoba produk kamu.

Oleh karena itu, setelah melakukan transaksi pembelian, coba untuk menghubungi kembali pelanggan tersebut untuk menanyakan terkait hasil dan kepuasan pelanggan tersebut ketika menggunakan produk kamu

Digital Marketing

Digital Marketing
Digital Marketing

Cara berikutnya yang bisa kamu coba adalah melakukan Digital Marketing. Digital Marketing memungkinkan kamu sebagai pebisnis melakukan penjualan ke berbagai lokasi yang lebih luas.

Jika sebelumnya kamu masih menjalankan bisnis secara offline, untuk meningkatkan penjualan pastinya akan sulit karena dari segi target pasar tidak begitu luas. Tetapi dengan Digital Marketing target pasar kamu menjadi lebih banyak, jadi peluang untuk bisa meningkatkan penjualan semakin mudah.

Ada berbagai strategi Digital Marketing yang bisa kamu gunakan seperti beriklan di Facebook Ads, Google Ads, TikTok, Instagram, dan masih banyak lagi. Yang pasti sebelum melakukan digitalisasi bisnis, pastikan supaya bisnis kamu sudah siap dari segi infrastrukturnya.

Kenali Pelanggan & Audiens

Kenali Pelanggan dan Audiens
Kenali Pelanggan dan Audiens

Cara berikut ini juga penting apabila kamu ingin menarik pelanggan yaitu dengan mengetahui keinginan mereka, bisnis kamu tidak akan berhasil apabila kamu tidak mengenal siapa pelanggan kamu.

Kamu dapat mengenali pelanggan kamu dengan cara menerima setiap masukan dari pelanggan kamu, hal itu juga berguna supaya kamu dapat menentukan apa produk yang akan kamu buat berikutnya.

Tapi kamu tidak mungkin untuk menerima semua pendapat itu, jadi kamu bisa melakukan yang nama voting, agar kamu mengetahui hal apa hal yang lebih diminati oleh pelanggan kamu. Dan kamu bisa menjadikannya sebagai referensi untuk produk kamu selanjutnya, tentu saja dengan melakukan hal tersebut kamu akan menarik lebih banyak pelanggan.

Perkuat Brand

Perkuat Brand
Perkuat Brand

Nah, yang terakhir adalah dengan memperkuat brand bisnis kamu. Dengan branding yang kuat, kamu tidak perlu takut lagi untuk bersaing dengan bisnis sejenis. Tapi bukan berarti ketika brand kamu sudah kuat kamu tidak memiliki pesaing. Pesaing baru pasti akan bermunculan, maka dari itu kamu tetap harus konsisten dalam mengelola usaha kamu.

Kunci dari suatu keberhasilan ialah tetap konsisten dengan produk kamu, dan jangan lupa untuk terus berinovatif dalam mengembang kan produk dan bisnis kamu. Dan cara yang bisa kamu lakukan untuk memperkuat brand kamu adalah dengan menjalankan beberapa tips yang tadi sudah kita bahas sebelumnya.

Pentingnya Meningkatkan Penjualan

Kenapa pebisnis harus senantiasa meningkatkan penjualan? Nah berikut alasannya:

  • Dengan adanya peningkatan penjualan maka omset akan naik.
  • Keuntungan semakin berlipat.
  • Usaha atau perusahaan semakin berkembang.
  • Mendorong perekonomian bangsa.
  • Bisnis yang berkembang akan membutuhkan SDM lebih besar. Sehingga berpotensi membuka lapangan pekerjaan.
  • Berpeluang menguasai pasar.
  • Meningkatkan persaingan dengan kompetitor bisnis lain.
  • Menambah modal dan meningkatkan keuangan usaha.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara menarik pelanggan yang bisa dilakukan oleh para pengusaha. Segera terapkan beberapa cara yang sudah kita bahas di atas untuk menarik pelanggan, supaya tertarik kepada produk kamu dan meningkatkan omset penjualan kamu.

Tapi tidak jarang dalam menjalankan usaha kamu menemukan masalah, masalah adalah suatu hal yang wajar dialami oleh para pengusaha apalagi bagi pengusaha UMKM.

Jadi tidak perlu khawatir jika kamu mengalami masalah karena di setiap masalah pasti ada jalannya, intinya adalah jangan mudah menyerah dan tetap terus berusaha melakukan yang terbaik.

Artikel Menarik Lainnya: