5 Cara Menulis Deskripsi Produk yang Menjual

Trik Membuat Deskripsi Produk yang Baik dan Benar

Dalam berjualan online, ada banyak hal yang bisa meningkatkan penjualan. Salah satunya adalah dengan membuat deskripsi produk yang baik serta menjual.

Deskripsi produk tidak hanya berfungsi untuk memudahkan calon pembeli mengenali produk Kamu, tapi juga untuk menarik perhatian dan meyakinkan mereka untuk membeli.

Nah, berikut ini ada beberapa cara menulis deskripsi produk yang baik dan menjual untuk bisa meningkatkan minat calon pembeli.

1. Kenali Target Konsumen

Kenali Target Konsumen
Kenali Target Konsumen

Sebelum menulis deskripsi produk, pastikan bahwa Kamu sudah mengenali target konsumen terlebih dahulu. Cara ini bisa Kamu awali dengan memahami Buyer Persona, atau dengan kata lain Kamu mencari tahu karakter calon pembeli Kamu.

Pahami apa yang mereka butuhkan, sesering apa mereka mengunjungi website atau media sosial Kamu, dan lain sebagainya.

Kamu juga perlu mencari tahu gaya bahasa yang tepat untuk membangun komunikasi dengan calon pembeli. Gaya bahasa bisa Kamu sesuaikan dengan usia, selera humor, atau brand image yang ingin Kamu ciptakan.

Selain dari gaya bahasa, Kamu juga bisa menyisipkan informasi seputar keunggulan atau fitur produk yang Kamu tawarkan.

2. Fokus Pada Manfaat Produk

Fokus Pada Manfaat Produk
Fokus Pada Manfaat Produk

Nah, Saya banyak banget nemuin penjual yang berfokus pada fitur-fitur dari produknya ketimbang manfaat dari produknya.

Padahal fitur dan manfaat adalah dua hal yang berbeda. Fitur adalah segala sesuatu yang dimiliki oleh produk tersebut, sedangkan manfaat adalah sesuatu yang diperoleh konsumen ketika menggunakan produk Kamu.

Oleh sebab itu kebanyakan konsumen lebih peduli dengan manfaat dari suatu produk, dibandingkan fitur yang diberikan.

3. Berikan Sentuhan Emosional

Berikan Sentuhan Emosional
Berikan Sentuhan Emosional

Nah, dalam membuat deskripsi produk, Kamu bisa sedikit memberi sentuhan emosional untuk menjadikannya lebih berkesan.

Ada banyak cara yang bisa Kamu lakukan untuk memberikan pesan yang menyentuh salah satunya adalah dengan menggunakan story telling.

Dengan menggunakan teknik ini, maka jauh lebih mudah untuk Kamu terhubung dengan calon konsumen secara emosional. Bahkan teknik ini juga lebih ampuh untuk menaklukan hati calon konsumen.

4. Gunakan Bahasa yang Natural

Gunakan Bahasa yang Natural
Gunakan Bahasa yang Natural

Untuk membuat deskripsi yang menarik, coba posisikan diri Kamu sebagai pembaca deskripsi. Apakah intonasinya sudah terdengar friendly atau terkesan kaku?

Kalau masih terkesan kaku, coba atur ulang penggunaan kosa kata tulisan Kamu. Gunakan bahasa umum dan mudah dicerna. Usahakan untuk menghindari penjelasan yang berbelit-belit.

5. Gunakan Kosakata yang Lebih Variatif

Gunakan Kosakata yang Lebih Variatif
Gunakan Kosakata yang Lebih Variatif

Saat menulis deskripsi produk, Kamu memang dianjurkan untuk menggunakan kosakata yang mudah dipahami. Tapi jangan sampai membuat Kamu jadi terpaku pada kata-kata itu aja.

Cobalah untuk mengekplorasi kata-kata untuk menciptakan kalimat yang lebih bervariasi. Misalnya menggunakan kalimat umum seperti:

“Dapat mencerahkan area bawah mata”.

Kamu bisa menggantinya dengan variasi kata sehingga menjadi:

“Bikin mata dan area kulit di sekitarnya terlihat maksimal dan glowing”. 

Gimana? Lebih menarik perhatian pembeli kan?

Nah, itulah beberapa cara menulis deskripsi produk yang bisa menarik minat pembeli. Jangan lupa untuk dipraktekan ya!