7 Contoh Strategi Pemasaran yang Harus Kamu Tau!
Menjalankan sebuah bisnis bukanlah hal yang mudah, terdapat banyak tantangan yang harus para pebisnis lewati untuk mencapai keberhasilan dalam berbisnis. Untuk menanggapi tantangan tersebut, para pebisnis perlu menyusun strategi pemasaran yang tepat untuk mengembangkan suatu bisnis.
Adanya strategi pemasaran online yang tepat, koordinasi tim bisa menjadi lebih baik dan terarah untuk mencapai tujuan yang sama, bahkan strategi pemasaran juga memiliki peran penting untuk memenangkan suatu persaingan bisnis yang kian hari semakin ketat.
Pengertian Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran merupakan upaya seorang pebisnis untuk memasarkan serta mengenalkan suatu produk atau jasa kepada masyarakat. Adapun beberapa cara yang bisa Kamu lakukan untuk menyatukan seluruh unsur pemasaran seperti segmentasi pasar, bauran pemasaran, posisi, sasaran, dan lain sebagainya.
Tujuan utama dari strategi pemasaran produk adalah untuk menjual produk dalam jumlah yang lebih banyak. Strategi pemasaran juga bisa memberikan dasar yang logis untuk mengambil suatu keputusan dan meningkatkan kemampuan beradaptasi saat terjadi perubahan dalam dunia bisnis.
7 Contoh Strategi Pemasaran
Lalu, bagaimana contoh strategi pemasaran yang efektif untuk bisnis? Kami telah merangkum secara khusus beberapa contoh strategi pemasaran yang bisa Kamu jadikan sebagai referensi.
1. Membuat Website Toko Online Sendiri

Contoh strategi pemasaran pertama yang bisa Kamu lakukan adalah membuat website toko online sendiri. Meski saat ini sudah banyak marketplace seperti Shopee, Tokopedia, atau Lazada yang bisa Kamu pakai untuk menjual produk, tetapi akan lebih baik jika Kamu memiliki toko online sendiri.
Jika Kamu mempunyai website toko online, maka Kamu memiliki kendali atas website toko online tersebut. Mulai dari mengatur desain website, fitur yang ingin Kamu tampilkan, bebas melakukan kampanye promosi produk. Sehingga Kamu bisa mengelola produk dengan efektif dan efisien.
Contohnya seperti website brand sepatu Adidas berikut ini.

Website Adidas menampilkan sub kategori produk khusus pada bagian kiri halaman, agar pengunjung bisa lebih mudah mengekspor berbagai produk yang perusahaan Adidas tawarkan. Website tersebut juga menyediakan fitur live chat untuk pelanggan yang ingin mengajukan pertanyaan atau komplain.
Margin laba yang Kamu dapatkan melalui website toko online juga bisa lebih besar. Karena, Kamu bisa mengatur sendiri berapa biaya untuk setiap produk dan menentukan transaksi. Sehingga tidak mengharuskan Kamu membayar biaya admin, jika menggunakan platform marketplace.
Untuk membuat website online sendiri tidak mengharuskan Kamu memiliki keahlian dalam bidang pemrograman. Saat ini terdapat banyak platform CMS (Content Management System) yang bisa Kamu gunakan secara gratis, seperti WordPress.
Jika Kamu ingin membuat website resmi, Kamu harus memiliki domain dan hosting terlebih dahulu. Sederhananya domain merupakan alamat website yang unik, tentunya tidak mungkin ada dua nama domain yang sama persis.
Sedangkan hosting merupakan tempat untuk menyimpan data website agar para pengunjung bisa mengakses website toko online Kamu dengan mudah melalui internet.
2. Manfaatkan Mesin Pencari Google

Contoh strategi selanjutnya yang bisa Kamu lakukan adalah memanfaatkan mesin pencarian Google. Melalui mesin pencari, calon konsumen akan mendapatkan kemudahan dalam memperoleh informasi bisnis melalui website toko online Kamu. Sehingga mesin pencari merupakan alat yang potensial untuk menarik calon pembeli.
Adapun dua cara yang bisa Kamu lakukan untuk menempatkan website pada halaman pertama mesin pencari Google, yaitu:
A. SEO
SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization, yaitu tindakan seseorang untuk mengoptimasi website sendiri, agar mendapatkan ranking teratas dalam sistem mesin pencari seperti Google, Yahoo! Search, Bing, dan lainnya.
Untuk menerapkan teknik SEO dalam website toko online, Kamu perlu melakukan riset keyword yang tepat, optimalkan kecepatan website, menulis konten yang SEO-friendly, memaksimalkan internal link, dan lain sebagainya.
Jika Kamu tidak mahir dalam menerapkan teknik SEO, maka Kamu bisa mempelajarinya lebih dalam melalui browsing di internet terkait penggunaan teknik SEO yang baik dan benar.
B. SEM
Sedangkan SEM merupakan singkatan dari Search Engine Marketing, yaitu strategi pemasaran yang memiliki tujuan untuk meningkatkan visitor melalui iklan berbayar berbentuk PPC (Pay Per Click). Sehingga website toko online Kamu mendapatkan ranking teratas dalam sistem mesin pencari Google.
Inti dari kedua strategi tersebut adalah untuk menampilkan website toko online Kamu pada posisi teratas atau halaman pertama dalam sistem mesin pencari Google.
3. Membuka Program Afiliasi

Istilah Afiliasi merupakan program yang memungkinkan seseorang untuk mendapatkan komisi, jika orang tersebut berhasil membuat calon konsumen membeli atau menggunakan suatu produk. Jadi, ketika ada orang yang berhasil menjual produk Kamu, maka mereka akan mendapatkan sejumlah komisi.
Meskipun kesannya simple, tetapi dampak dari program afiliasi mampu meningkatkan penjualan produk yang Kamu tawarkan. Karena, semakin banyak orang yang mempromosikan produk Kamu, maka pasar yang kamu raih bisa semakin luas.
Sebelum membuat program afiliasi, Kamu harus menentukan jumlah komisi kepada orang yang mengikuti program afiliasi bisnis Kamu. Misalnya, program afiliasi WatZap yang menawarkan komisi hingga 20%. Menarik, bukan?
Selain menentukan jumlah komisi, Kamu juga perlu memberikan kemudahan bagi para Afiliator untuk mempromosikan produk yang Kamu, baik melalui link, banner, kode refferal dan lain sebagainya.
4. Manfaatkan Platform Media Sosial

Strategi pemasaran selanjutnya yang bisa Kamu lakukan adalah memanfaatkan platform media sosial. Melalui platform media sosial, para pelaku bisnis bisa mempromosikan produk secara gratis, bahkan media sosial juga bisa menjadi jembatan yang mengarahkan para konsumen untuk mengunjungi website toko online Kamu.
Langkah pertama yang perlu Kamu lakukan dalam memanfaatkan media sosial adalah mengidentifikasi target konsumen. Kemudian, tarik perhatian mereka dengan membuat konten-konten yang unik dan menarik, agar nantinya calon konsumen tertarik untuk membeli produk yang Kamu tawarkan.
Adapun beberapa platform sosial media yang bisa Kamu manfaatkan untuk melakukan promosi produk seperti, Facebook, Instagram, WhatsApp, dan Twitter. Kamu juga bisa memanfaatkan tools WatZap untuk mempromosikan produk, lho.
Contoh bisnis yang memposting konten promosi melalui akun media sosialnya adalah Scarlett Whitening.

Melalui postingan konten tersebut, Scarlett Whitening sedang mempromosikan salah satu produk kecantikan mereka dengan menyajikan konten video yang unik dan menarik. Scarlett Whitening juga memberikan caption yang singkat, padat, jelas, dan memiliki relevansi tinggi terhadap apa yang mereka posting.
Memanfaatkan media sosial sebagai sarana pemasaran juga bisa memberikan Kamu akses untuk menerima feedback positif maupun negatif dari konsumen, tentunya feedback dari konsumen sangat berharga untuk bahan evaluasi bisnis Kamu kedepannya.
5. Gunakan Strategi Visual Marketing
Visual Marketing merupakan strategi pemasaran yang memanfaatkan media visual, seperti grafik, gambar, video atau media visual lainnya untuk mengkomunikasikan suatu produk atau layanan. Melalui konten visual, para konsumen bisa lebih mudah memahami informasi produk yang Kamu tawarkan.
Sebelum membuat konten visual yang menarik, Kamu perlu mengenali karakteristik konsumen melalui segmentasi demografis mereka. Karena, dengan mengenali karakteristik para konsumen, Kamu bisa dengan mudah menentukan konten visual yang menarik.
Kamu juga harus menggunakan video atau gambar yang relevan dengan gaya, produk, dan pesan brand, agar calon konsumen tertarik untuk membeli atau menggunakan produk yang Kamu tawarkan.
Contoh bisnis yang kerap memposting konten informatif dalam akun media sosial mereka adalah Ventela.

Ventela merupakan salah satu produk lokal yang memproduksi sepatu dengan kualitas terbaik. Mereka menyajikan postingan konten visual dalam bentuk Infografis. Istilah Infografis merupakan media informasi yang berbentuk teks, dipadukan dengan beberapa elemen visual seperti gambar, ilustrasi, grafik, dan tipografi.
6. Gunakan Jasa Influencer
Jika bisnis yang Kamu jalankan menargetkan konsumen dari media sosial, menggunakan jasa Influencer marketing layak Kamu pertimbangkan. Karena seorang influencer memiliki jumlah followers yang banyak. Misalnya, akun Instagram yang jumlah followersnya mencapai puluhan ribu, ratusan ribu, bahkan hingga jutaan.
Kamu bisa menyewa jasa endorsement selebgram atau micro influencer lainnya untuk mempromosikan produk atau membantu proses branding produk yang Kamu tawarkan, tentunya semakin banyak orang lain yang mengenal bisnis Kamu. Sehingga figur Influencer bisa menjangkau lebih banyak konsumen.
Sebelum menyewa jasa endorsement, Kamu harus bisa mencari seorang influencer yang memiliki riwayat baik, memperhatikan interaksinya dengan followers, kualitas Konten yang mereka tampilkan, serta memiliki followers yang sesuai dengan target pemasaran produk Kamu.
Salah satu brand yang sering menggunakan jasa Influencer untuk mempromosikan produknya adalah its3second. Mereka mengumpulkan video-video Influencer yang mereview produk fashion mereka, lalu menampilkannya dalam bentuk highlights lewat akun Instagramnya:

7. Gunakan Strategi Email Marketing

Tak banyak pebisnis yang tahu, bahwa strategi email marketing merupakan salah satu media pemasaran yang cukup potensial. Melalui email marketing, Kamu bisa dengan bebas melakukan kampanye promosi produk secara gratis. Email marketing juga bisa membangun hubungan jangka panjang dengan konsumen.
Lantas, bagaimana cara agar calon konsumen mau memberikan alamat emailnya? Kamu hanya perlu membuat lead magnet, yaitu konten bermanfaat yang berfungsi untuk untuk meninggalkan alamat email konsumen dengan imbalan tertentu.
Contohnya, Kamu menawarkan free trial produk berbentuk e-book. Untuk mendapatkan e-book tersebut, para konsumen harus bersedia memasukkan alamat email mereka.
Nah, itulah beberapa contoh strategi pemasaran online yang bisa Kamu coba untuk meningkatkan penjualan. Semoga bermanfaat ya!