5 Jenis Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Kamu
Dalam berjualan, adalah salah satu strategi penjualan yang bisa Kamu terapkan untuk meningkatkan omset penjualan. Strategi penjualan tersebut adalah Digital Marketing.
Digital Marketing adalah usaha untuk mempromosikan bisnis Kamu menggunakan media digital. Nah, berikut ini ada beberapa jenis digital marketing yang bisa Kamu terapkan untuk jualan Kamu.
Pakai 5 Jenis Digital Marketing Ini untuk Jualan Kamu
1. Social Media Marketing

A. WhatsApp
WhatsApp adalah salah satu media sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Maka nggak heran Kamu harus beralih untuk memanfaatkan media sosial yang satu ini sebagai media jualan Kamu.
Apalagi sekarang juga tersedia WhatsApp Business yang memang diperuntukkan bagi Kamu yang berjualan. Nah, biar WhatsApp Marketing Kamu berjalan dengan baik, Kamu bisa memanfaatkan tool WhatsApp Marketing terbaik saat ini, yaitu tool WatZap.
Dengan WatZap, Kamu bisa promosiin produk jualan Kamu ke seluruh kontak WhatsApp yang Kamu miliki. Maka dengan begitu produk jualan Kamu akan lebih mudah dikenal oleh orang-orang.
B. Instagram
Potensi Instagram sudah tidak perlu diragukan lagi sebagai media promosi. Bahkan, 80% pengguna Instagram mengaku adanya Instagram mempengaruhi keputusan pembelian mereka.
Nah, maka dari itu Kamu harus memanfaatkan Instagram dengan baik. Kamu juga bisa menjalankan Instagram Ads untuk mempromosikan produk Kamu.
C. Facebook
Nggak bisa dipungkiri lagi bahwa Facebook menjadi salah satu media sosial yang paling sering digunakan orang-orang sebagai media promosi.
Hal itu karena melakuan penjualan di Facebook dinilai lebih efektif, karena bisa membangun komunitas. Sama seperti Instagram, di Facebook Kamu juga bisa menjalankan campaign atau Facebook Ads.
D. TikTok
TikTok saat ini menjadi salah satu media sosial yang lagi booming di Indonesia. Banyak para kreator konten hingga pebisnis yang mulai beralih ke TikTok.
Nah, Kamu bisa memanfaatkan TikTok nih untuk membuat konten yang dapat viral. Dengan membuat konten yang kreatif dan menarik, Kamu bisa menarik calon pembeli untuk datang.
2. SEO (Search Engine Optimization)

Pernah dengan istilah SEO? SEO atau Search Engine Optimization adalah tindakan untuk memaksimalkan sebuah website. Nah, untuk Digital Marketing yang satu ini, bisnis yang Kamu sedang jalani setidaknya harus memiliki website.
Adapun tujuan dari SEO adalah membuat website milikmu berada di peringkat teratas Google ketika seseorang mencari suatu kata kunci.
Misalnya Kamu jualan ikan cupang hias, ketika orang lain mengetikkan kata kunci “beli ikan cupang hias”, maka dengan memanfaatkan SEO, website jualan Kamu akan langsung tampil di halaman pertama pencarian Google.
Jadi bisa dikatakan bahwa tujuan dari SEO adalah mendatangkan Organic Traffic atau pengunjung ke website Kamu terlebih dahulu, sebagai upaya untuk memperbesar upaya pembelian dari konsumen.
Namun untuk bisa muncul di halaman pertama Google bukanlah hal yang mudah, Kamu harus mempelajari cara kerja SEO dan rahasia-rahasia mengenai algoritma Google.
3. Konten Marketing

Pernah dengar istilah “Content is a King”? Yaps! Konten bisa menjadi salah satu peran yang sangat penting untuk keberlangsungan bisnis Kamu.
Dalam membuat sebuah konten, Kamu harus pastikan bahwa konten tersebut memberikan informasi yang bernilai, mudah dimengerti, unik, dan relevan dengan konsumen Kamu.
Agar konten buatan Kamu laku dipasaran dan bisa mendukung penjualan produk/jasa milikmu, Kamu bisa membuat konten yang dapat menciptakan ketertarikan emosional kuat terhadap konsumen.
4. Email Marketing

Email masih menjadi salah satu cara yang cukup efektif untuk mempromosikan produk Kamu. Maka dari itu Kamu bisa memanfaatkan email sebagai media promosi.
Kunci dari email marketing terletak pada judul promosi. Maka dari itu pastikan Kamu membuat judul promosi yang menarik agar orang-orang mau meng-klik email promosi Kamu.
5. Endorse

Endorse adalah salah satu strategi digital marketing yang cukup ampuh untuk diterapkan. Endorse bisa dibilang bekerja sama dengan influencer.
Tapi dalam melakukan Endorse, perlu dicatat bahwa Kamu jangan asal memilih influencer. Jangan terpukau hanya karena jumlah followers yang banyak, tapi pastikan bahwa influencer tersebut sesuai dengan target market yang ingin kamu tuju.
Nah, itulah jenis digital marketing yang bisa diterapkan untuk bisnis Kamu. Silahkan dipilih sesuai dengan kebutuhan Kamu ya!