5 Penyebab Gagal Transaksi Dalam Bisnis Online
Banyak pebisnis yang bingung apa penyebab gagal transaksi dalam bisnis online. Padahal bisa saja memang dari pebisnis itu sendiri yang bikin konsumen membatalkan transaksi.
Nah, untuk Kamu yang mau tau apa penyebab gagal transaksi dalam bisnis online, langsung aja simak ulasan berikut sampai habis ya!
Ternyata Ini Penyebab Gagal Transaksi di Bisnis Online
1. Membuat Konsumen Mengisi Formulir yang Bertele-tele

Coba bayangkan Kamu sebagai pembeli, lalu disuruh untuk mengisi formulir yang bertele-tele. Pasti akan kesal, atau bahkan lebih memilih untuk meninggalkan website dan tidak jadi membeli kan? Ingat! Di zaman sekarang ini, orang-orang lebih memilih proses yang instan. Maka dari itu Kamu perlu memperhatikan kenyamanan dan kemudahan konsumen saat membeli produk Kamu.
Selain formulir pendaftaran, proses checkout juga harus semudah mungkin. Karena menurut riset, sebesar 28% orang akan membatalkan pesanan jika proses checkout sangat sulit.
2. Tidak Memberikan Jaminan Keamanan Transaksi

Banyak orang yang batal melakukan pembelian karena tidak adanya jaminan keamanan saat mereka melakukan transaksi. Minimal Kamu memberikan informasi keamanan transaksi saat pengunjung berada di halaman checkout.
Dengan memberikan informasi mengenai keamanan transaksi, pelanggan akan merasa lebih aman dan nyaman ketika membeli produk Kamu.
3. Website Jualan Tidak Responsif atau Mobile Friendly

Menurut riset, proses pembelian di toko online melalui smartphone terus meningkat setiap tahunnya. Jadi jika website jualan Kamu tidak responsif atau tidak mobile friendly, maka tentu saja Kamu bisa kehilangan banyak pembeli.
Maka dari itu, selain harus responsif dengan tampilan PC, website jualan Kamu juga harus Mobile Friendly. Sehingga pengunjung akan lebih betah berbelanja di website Kamu.
4. Kurang Testimoni

Testimoni atau ulasan pembeli adalah hal wajib yang harus ditampilkan di website jualan Kamu. Dengan adanya testimoni, pembeli menjadi semakin yakin dengan produk atau jasa yang Kamu tawarkan.
Ketika seseorang melihat orang lain telah membeli di toko online Kamu dan memberikan testimoni, maka hal itu akan memberikan kepercayan pada calon pembeli yang lain. Jika website jualan Kamu tidak menampilkan testimoni yang cukup, maka pembeli akan berpikir-pikir kembali untuk membeliĀ di Kamu.
5. Harus Registrasi

Dalam sebuah survey yang diadakan oleh lembaga pendidikan di Denmark, sebanyak 17% calon konsumen akan segera pergi ketika mereka diwajibkan untuk membuat akun sebelum transaksi.
Meskipun Kamu memerlukan data pengguna sebagai database Kamu, tapi jangan sampai mempersulit calon pembeli. Atau jika Kamu ingin membuat mereka mendaftar, pastikan bisa mendaftar menggunakan akun Google, Facebook, atau Sosial Media lain yang mempermudah mereka mendaftar di website jualan Kamu.
Nah, itulah beberapa penyebab gagal transaksi dalam bisnis online. Kira-kira kalau Kamu penyebabnya yang mana nih?