8 Strategi Bisnis untuk Meningkatkan Keuntungan

Strategi Bisnis untuk Meningkatkan Keuntungan

Mencapai kesuksesan dalam berbisnis bukanlah hal yang mudah, butuh kerja keras dan proses yang panjang untuk bisa menjadi pebisnis yang sukses. Salah satu cara yang bisa Kamu lakukan agar bisnis bisa berkembang dan sukses adalah menggunakan strategi bisnis yang baik dan benar.

Manfaat strategi bisnis tidak hanya untuk menjadi dasar dan peta bagi pelaku usaha dalam menjalankan bisnis. Strategi bisnis juga memiliki peran penting untuk memenangkan suatu persaingan bisnis online yang kian hari semakin ketat.

Apa itu Strategi Bisnis?

Strategi bisnis merupakan tindakan atau keputusan yang akan diambil oleh para pelaku usaha untuk mencapai tujuan dan sasaran bisnisnya. Sederhananya, strategi bisnis merupakan aksi dan proses perusahaan dalam mendukung aktivitas bisnisnya agar bisa mendapatkan keuntungan dan juga bisa mengamankan posisi kompetitif di pasar.

Adapun tujuan utama dari strategi bisnis adalah agar pelaku bisnis bisa mengontrol jalannya bisnis melalui identifikasi pasar, konsumen, kompetitor, dan lainnya. Strategi bisnis juga bisa menyatukan antar divisi untuk bekerja sama dalam mengambil keputusan.

8 Strategi Bisnis

Lantas, strategi bisnis apa yang bisa membuat keuntungan meningkat ? Kami telah merangkum secara khusus beberapa strategi bisnis yang bisa Kamu jadikan sebagai referensi.

1. Lebih Banyak Produk (Cross Selling)

Lebih Banyak Produk (Cross-Selling)

Strategi bisnis pertama untuk meningkat keuntungan adalah Cross Selling atau lebih banyak produk. Cross Selling merupakan salah satu strategi bisnis untuk menawarkan produk tambahan kepada konsumen. Sehingga strategi ini bisa meningkatkan laba bisnis, karena konsumen menambahkan produk belanjaannya.

Misalnya, saat Kamu membeli burger di sebuah restoran cepat saji, biasanya kasir akan menawarkan produk tambahan seperti minuman, kentang goreng atau produk tambahan lainnya yang memang masih relevan dengan apa yang dibeli.

Lalu, bagaimana cara menerapkan strategi Cross Selling yang efektif? Kamu bisa memberikan promo atau diskon kepada setiap konsumen yang melakukan pembelian produk jualan online Kamu dalam kuantitas yang lebih banyak.

Misalnya, Kamu menjual celana dengan harga satuan senilai Rp 45.000, maka Kamu bisa memberikan penawaran menarik dengan cara memberikan diskon untuk pembelian tiga celana, yaitu hanya Rp 120.000 saja.

2. Produk atau Layanan yang Inovasi

Produk atau Layanan yang Inovasi

Strategi bisnis selanjutnya untuk meningkatkan keuntungan adalah produk layanan yang inovatif. Karena produk atau layanan yang mengalami inovasi akan lebih mendapatkan apresiasi dari konsumen. Sehingga Kamu bisa menjangkau lebih banyak konsumen dan bisa meningkatkan keuntungan bisnis Kamu.

Inovasi produk atau layanan bisa Kamu lakukan dengan cara meningkatkan, mengembangkan dan memperbaiki produk yang telah Kamu produksi selama ini, tentunya Kamu juga harus mendefinisikan apa arti “inovasi” bagi bisnis Kamu.

3. Menciptakan Produk Baru

Menciptakan Produk Baru

Salah satu strategi bisnis yang harus Kamu lakukan agar produk bisa semakin laris manis adalah rutin menciptakan produk baru. Karena para konsumen memang menyukai hal-hal yang baru. Sehingga strategi ini cukup efektif untuk menarik banyak konsumen.

Misalnya, produsen kosmetik yang mengeluarkan produk baru berupa hand sanitizer selama masa pandemi, tentunya produk tersebut sangat laris di pasaran, karena hand sanitizer menjadi barang yang dibutuhkan oleh masyarakat untuk membunuh virus.

Akan tetapi, Kamu juga harus bisa menciptakan produk dengan fitur yang lebih baik dari kompetitor lainnya dan bisa memberikan nilai yang lebih kepada konsumen, agar bisa menarik minat konsumen untuk membeli produk Kamu.

4. Meningkatkan Pelayanan Kepada Konsumen

Meningkatkan Pelayanan Kepada Konsumen

Strategi bisnis selanjutnya untuk meningkat keuntungan adalah meningkatkan pelayanan kepada konsumen. Karena dengan memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen bisa menjadi salah satu kunci kesuksesan bisnis yang sedang Kamu jalankan, terutama bagi pemula yang baru memulai bisnis online.

Tentunya, Kamu harus bisa memberikan pelayanan sebaik mungkin dan berkualitas kepada semua konsumen, agar nantinya konsumen tersebut melakukan repeat order, bahkan dengan pelayanan yang baik konsumen bisa menjadi pelanggan tetap Kamu.

Kamu bisa memberikan pelayanan prima berupa keramahan menjawab saat konsumen menanyakan jenis produk yang Kamu jual. Kamu juga bisa memberikan respon yang sigap dalam mengirim jawaban kepada calon konsumen.

5. Akuisisi

Akuisisi

Strategi bisnis selanjutnya yang bisa membuat keuntungan meningkat adalah akuisisi. Strategi ini memiliki tujuan untuk mengakuisisi atau mengambil alih kompetitor dari pada harus menciptakan hal-hal yang baru untuk bisa bersaing dengan kompetitor. Sehingga bisa meningkatkan pangsa pasar, memperkuat bisnis inti, bahkan juga bisa untuk diversifikasi bisnis.

Contoh dari strategi akuisisi yang sangat populer adalah akuisisi Facebook kepada beberapa platform media sosial lainnya seperti Whatsapp. Tujuan utama dari strategi ini adalah memperluas jangkauan basis pengguna dari Facebook, Whatsapp, dan Instagram itu sendiri.

6. Manfaatkan Teknologi

Manfaatkan Teknologi

Di era digital saat ini, memanfaatkan teknologi bisa menjadi salah satu strategi bisnis yang harus Kamu lakukan. Karena teknologi akan membantu dan mempermudah Kamu dalam melakukan berbagai pekerjaan. Misalnya, memproduksi produk menggunakan teknologi mesin terbaru akan sangat membantu para pebisnis dalam menyelesaikan pekerjaan.

Kamu juga bisa melakukan kegiatan pemasaran dengan memanfaatkan internet atau membuat pembukuan dengan menggunakan komputer, aplikasi jualan online, dan lainnya. Jadi mulailah untuk memanfaatkan teknologi dalam ide bisnis online Kamu, agar bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

7. Diferensiasi Produk

Diferensiasi Produk

Strategi bisnis selanjutnya untuk meningkatkan keuntungan adalah diferensiasi produk. Strategi diferensiasi produk sendiri merupakan pembeda antara produk sejenis, baik dengan kompetitor maupun produk inti yang Kamu miliki. Maksudnya adalah membuat produk yang lebih unik, menarik, dan pastinya bisa memenuhi kebutuhan para konsumen.

Contoh dari strategi ini adalah perusahaan minuman seperti Sosro yang melakukan diferensiasi produk, seperti teh kemasan kotak, teh botol, dan lainnya, tetapi tetap pada jalur minuman teh. Adanya diferensiasi dalam produk tersebut bisa menjadikan lebih banyak untuk mempengaruhi perkembangan bisnis.

Tentunya hal tersebut akan sangat berpengaruh pada peningkatan penjualan dan keuntungan. Sehingga Kamu bisa menerapkan strategi diferensiasi produk dalam menunjang bisnis Kamu.

8. Melakukan Promosi

Strategi bisnis melakukan promosi

Seorang pebisnis khususnya pemula perlu menerapkan strategi pemasaran untuk mencapai keuntungan yang bisa menjadi target utama dalam berbisnis, salah satunya adalah mempromosikan produk Kamu secara online melalui berbagai platform media sosial terbaik seperti Instagram, Facebook, Tik Tok dan lainnya. Melalui media sosial Kamu bisa melakukan pemasaran produk dengan mudah, efektif, dan hemat biaya.

Kamu juga bisa mengoptimalkan strategi SEO, SEM, atau Google My Business untuk mempromosikan produk melalui website toko online sendiri, maka , bahkan Kamu juga bisa mempromosikan produk melalui tools WatZap, agar bisa meningkatkan rate penjualan.

Nah, itulah beberapa beberapa strategi bisnis untuk meningkatkan keuntungan yang bisa Kamu jadikan referensi.. Semoga bermanfaat ya!