Strategi Pemasaran 4P yang Wajib Kamu Tahu!
Dalam membangun sebuah bisnis, membuat perencanaan yang matang adalah hal yang paling wajib dilakukan oleh Kamu.
Salah satu hal yang harus dipersiapkan perencanaannya adalah strategi pemasaran. Sebagus apapun produk yang Kamu miliki, jika strategi pemasarannya berantakan maka bisnis Kamu bisa saja gagal. Nah, kali ini Saya mau kasih tau strategi pemasaran 4P yang bisa Kamu terapkan saat berbisnis.
Strategi Pemasaran 4P Untuk Bisnis Kamu
Kamu pernah dengar istilah bauran pemasaran? Bauran pemasaran merupakan gagasan dari Neil Borden. Jadi bauran pemasaran ini merupakan marketing yang berisikan variabel untuk memasarkan sebuah produk.
Gagasan yang diungkapkan oleh Neil Borden akhirnya berhasil dirangkum menjadi sebuah konsep strategi pemasaran 4P yaitu Produk, Price (Harga), Promosi, dan Place (Tempat).
Jadi untuk Kamu yang mau merintis suatu usaha, bisa banget menerapkan strategi pemasaran 4P ini.
1. Produk

Saat melakukan pemasaran, pastinya Kamu butuh produk untuk dipasarkan bukan? Nah, produk di sini bisa berupa produk yang berwujud maupun tidak (Jasa).
Tentunya ada beberapa hal yang harus Kamu perhatikan untuk produk yang akan dipasarkan, diantaranya seperti kualitas, rancangan, merek, variasi produk, logo, packaging, dan lain sebagainya.
Pertimbangkan produk Kamu dari berbagai aspek sehingga bisa menjangkau target konsumen Kamu. Kamu juga bisa meminta pendapat kepada calon konsumen dengan cara membagikan sampel gratis atau kuesioner.
Intinya, Kamu perlu memasikan bahwa produk yang nantinya akan Kamu jual dapat bersaing dengan pasar.
2. Price (Harga)

Menentukan harga suatu produk memang tidak mudah. Karena harga biasanya menjadi pertimbangan orang ketika ingin membeli suatu produk.
Untuk menentukan harga jual, pastikan Kamu menyesuaikannya dengan kualitas produk atau jasa yang ditawarkan. Cara lain untuk menentukan harga jual adalah dengan memperhatikan harga pasaran dari produk atau jasa yang Kamu tawarkan.
Strategi penetapan harga jual pada produk harus selaras dengan target pasar dan keuntungan yang akan Kamu tawarkan dari produk Kamu.
Strategi pemasaran yang berkaitan dengan harga juga bisa Kamu terapkan saat promosi, misalnya saja dengan memberikan potongan harga ketika Kamu baru merilis sebuah produk. Tentunya hal ini ini akan menarik lebih banyak calon konsumen, bukan?
3. Promosi

Promosi adalah langkah yang tepat untuk menyebarluaskan produk agar bisa dikenal orang lebih banyak lagi. Tujuan dari strategi pemasaran promosi ini adalah untuk memberi tahu calon pelanggan tentang keberadaan produk Kamu dan juga upaya untuk meyakinkan mereka agar membeli produk Kamu.
Strategi promosi sangat beragam bentuknya, ada yang memberikan potongan harga, ada juga promosi beli 1 gratis 1, ataupun memberikan potongan harga pada barang ke dua yang dibeli. Carilah strategi promosi yang paling cocok untuk bisnis Kamu.
Jangan lupa untuk menggunakan berbagai media promosi seperti melalui media sosial, iklan, dan lain sebagainya. Manfaatkan seluruh platform agar produk Kamu lebih cepat dikenal oleh masyarakat, termasuk Kamu juga bisa menggunakan tool WatZap untuk mempromosikan produk atau bisnis yang sedang Kamu jalani.
4. Place (Tempat)

Kalau Kamu berjualan secara offline, maka tempat menjadi hal yang sangat penting untuk bisnis Kamu. Coba bayangkan jika bisnis Kamu ada di tempat yang sangat sulit dijangkau. Tentunya akan menghambat proses jualan produk Kamu kan?
Maka dari itu Kamu harus cari lokasi atau tempat berjualan yang strategis atau mudah dijangkau oleh siapapun.
Kamu juga perlu memperhatikan lingkungan yang ada di sekitar tempat Kamu berjualan. Apakah ada kompetitor atau tidak. Karena jika ada kompetitor dan ternyata produk Kamu tidak bisa bersaing dengan mereka, maka bisnis Kamu akan terancam.
Kecuali jika produk Kamu memiliki kualitas serta harga yang mampu bersaing, maka hal itu tidak akan menjadi masalah.
Berjualan online juga perlu mencari yang tepat untuk bisnis Kamu. Baik di marketplace, website, atau bahkan sosial media.
Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai strategi 4P. Strategi penjualan yang satu ini bisa dibilang cukup ampuh apabila unsur produk, price (harga), promosi, dan place (tempat) dikombinasikan dengan baik.