Contoh Strategi Pemasaran 4P yang Wajib Pebisnis Tau!
Terdapat banyak tantangan dan persaingan yang harus pebisnis lewati sebelum mencapai titik sukses dalam berbisnis. Untuk menanggapi tantangan dan persaingan tersebut, para pelaku bisnis harus menyusun strategi pemasaran yang jitu untuk menembus ketatnya persaingan.
Menggunakan strategi pemasaran sebenarnya tidak hanya untuk perusahaan besar saja, tetapi para pelaku UKM juga harus menggunakan strategi pemasaran, contohnya seperti strategi pemasaran 4P, Marketing Mix, atau bauran pemasaran.
Sama seperti namanya, strategi pemasaran 4P memiliki 4 komponen penting yang bisa menyederhanakan kegiatan pemasaran agar lebih efektif dan efisien.
Pengertian Strategi Pemasaran 4P
Strategi pemasaran 4P, Marketing Mix atau, bauran pemasaran merupakan kumpulan komponen dasar yang menjadi patokan awal bagi para pelaku bisnis, agar konsumen tertarik untuk membeli suatu produk. Strategi pemasaran 4P terdiri dari 4 bagian yaitu product (produk), price (harga), place (tempat), dan promotion (promosi).
Empat komponen tersebut memiliki peran penting untuk membantu Kamu menyusun strategi pemasaran yang tepat, agar mendapatkan posisi yang kuat di dalam pasar. Sehingga Kamu bisa dengan mudah menghadapi persaingan pasar yang ketat.
Komponen Strategi Pemasaran 4P
Seperti yang Kamu ketahui bahwa strategi pemasaran 4P memiliki komponen utama yaitu produk, harga, tempat, dan promosi. Untuk penjelasan lengkap tentang komponen tersebut, Kamu bisa menyimak ulasan artikel berikut ini.
1. Product (Produk)
Sebagai seorang pebisnis, tentunya Kamu harus bisa membuat produk yang baik dan berkualitas untuk memenangkan persaingan dari para kompetitor yang memiliki produk serupa. Sebuah produk bukanlah objek fisik saja, namun bisa mencakup seluruh aspek berwujud dan tidak berwujud seperti jasa, organisasi, layanan, dan lain sebagainnya.
Tanpa adanya suatu produk, maka Kamu tidak memiliki harga, promosi atau tempat. Karena dari semua komponen 4P, produk lah merupakan jantung dari strategi pemasaran 4P. Sehingga Kamu harus memahami hubungan tentang produk dan bauran pemasaran.
Ada beberapa hal yang perlu Kamu perhatikan dalam mengambil keputusan mengenai bauran produk:
- Rancangan
- Nama merk
- Fitur
- Variasi produk
- Kualitas produk
- Garansi Produk
- Pengemasan, pengembalian, dan lainnya.
Sebelum melakukan proses produksi dan mengembangkan produk, sebaiknya Kamu melakukan riset pasar atau analisis peluang pasar. Jika sudah, maka Kamu bisa masuk ke tahap penentuan harga, tempat dan promosi pemasarannya.
2. Price (Harga)
Komponen penting kedua dalam strategi pemasaran 4P adalah price (harga). Menentukan harga jual produk juga merupakan aspek yang penting dalam strategi pemasaran 4P, Karena mampu berpengaruh terhadap penjualan di dalam pasar.
Lantas, bagaimana cara menentukan bauran harga yang baik? Kamu bisa melihat harga pasar, menghitung HPP (harga pokok penjualan), Cost-Plus Pricing, Breakeven Pricing, Mark-Up Pricing, dan lain sebagainya.
Kamu juga bisa menggunakan aplikasi jualan online untuk membantu Kamu menghitung dan menentukan harga suatu produk. Sehingga Kamu tidak mengalami masalah keuangan saat merintis bisnis.
Adapun beberapa hal yang perlu Kamu perhatikan dalam mengambil keputusan mengenai bauran harga:
- Metode penetapan harga, strategi, kebijakan.
- Benefit.
- Diskon.
- Periode pembayaran.
- Kebijakan kredit.
Strategi penentuan harga juga bisa mempertahankan dan memperbaiki market share, mencapai target pengembalian investasi, stabilitas harga, dan pastinya untuk mencapai laba maksimum.
3. Place (Tempat)
Komponen penting ketiga dalam strategi pemasaran 4P adalah place (tempat) atau distribusi. Melalui tempat strategis, para konsumen bisa dengan mudah mendapatkan produk yang Kamu tawarkan. Sehingga penentuan tempat merupakan salah satu faktor kunci keberhasilan bisnis yang Kamu jalankan.
Selain menentukan tempat, proses distribusi juga menjadi hal penting yang harus Kamu perhatikan, agar produk yang Kamu jual bisa sampai ke tangan konsumen dalam keadaan baik dan tidak rusak.
Semakin cepat produk mencapai titik penjualan, maka semakin besar kemungkinannya untuk memuaskan para konsumen dan meningkatkan loyalitas merek.
Adapun beberapa hal yang perlu Kamu perhatikan untuk mengambil keputusan mengenai bauran tempat:
- Saluran tempat atau distribusi.
- Keputusan pergudangan.
- Penanganan produk.
- Kontrol inventaris.
- Logistik.
- Proses pemesanan.
- Cakupan.
4. Promotion (Promosi)
Komponen penting terakhir dalam strategi pemasaran 4P, yaitu Promotion (Promosi). Mempromosikan produk yang Kamu tawarkan juga menjadi aspek penting dalam strategi pemasaran 4P. Karena promosi merupakan ujung tombak untuk memperkenalkan jasa atau produk yang Kamu jual kepada konsumen.
Tujuan utama dari promosi adalah untuk menginformasikan ke dalam pasar mengenai jasa produk yang kamu jalankan. Sehingga strategi bisnis bisa memastikan penjualan yang baik dan bisa mendatangkan banyak konsumen baru.
Ada beberapa elemen utama yang harus Kamu tahu tentang bauran promosi:
- Iklanan produk
- Penjualan pribadi
- Hubungan Konsumen
- Pemasaran langsung
- Publisitas -media sosial, cetak, dan lain sebagainya.
- Promosi penjualan.
Contoh Kasus Perusahaan yang Menggunakan Strategi Pemasaran 4P, Marketing Mix, atau Bauran Pemasaran
A. Product KFC
Sebagai bisnis F&B ((Food and Beverages), KFC memiliki campuran produk yang sebagian besar terdiri dari produk makanan dan minuman. Keutaman produk pada perusahaan KFC adalah produk penjualan ayam goreng yang ditawarkan dalam berbagai jenis bentuk.
Adapun bauran produk KFC yang memiliki lini produk utama, yaitu:
- Ayam goreng.
- Hamburger.
- Wrap.
- Sandwich.
- Salad.
- Makanan ringan.
- Minuman ringan.
B. Price KFC
Contoh bauran price dari perusahaan KFC adalah melakukan harga paket dan harga psikologis (harga yang tidak dibulatkan) agar konsumen membeli lebih banyak produk.
Misalnya strategi harga paket, KFC menawarkan makanan dan paket produk lainnya dengan harga promo, ketimbang dengan membeli setiap item secara terpisah.
- Strategi harga paket lebih murah dari satuan.
- Strategi harga psikologis, misalnya Rp 49,900 daripada Rp 50,000.
C. Place KFC
Contoh selanjutnya dari bauran place perusahaan KFC adalah penempatan outlet yang cukup strategis, karena banyak cabang KFC yang ada di Indonesia terdapat di beberapa lokasi strategis yang memang memiliki banyak konsumen.
Restoran merupakan salah satu tempat bagi KFC yang bisa menghasilkan sebagian besar pendapatan dari penjualannya, bahkan beberapa restoran juga mengelola kios untuk menjual produk pilihan terbatas.
Adapun bauran tempat KFC yang harus Kamu ketahui:
- Restoran
- Kios
- Mobile App
4. Promotion KFC
Contoh terakhir dari bauran promotion perusahaan KFC adalah melakukan promosi dengan sangat baik, salah satunya adalah melakukan promosi dengan potongan harga atau paket hemat dalam rangka memperingatkan hari-hari tertentu seperti paket hemat berbuka puasa, dan lain sebagainya.
Adapun beberapa strategi promosi perusahaan KFC yang Kamu ketahui:
- Iklan Produk.
- Promosi penjualan.
- Public Relations (PR).
Nah, itulah beberapa penjelasan strategi pemasaran 4P yang wajib pebisnis tau. Semoga bermanfaat ya!