7 Strategi Pemasaran Online untuk Meningkatkan Penjualan

Strategi Pemasaran Online

Kegiatan jual beli barang saat ini sudah beralih via online. Mulai dari pemesanan barang, pengiriman, pembayaran hingga pemasaran secara online, tentunya para pebisnis harus mengambil keputusan dalam menyusun strategi pemasaran produk secara online.

Melalui strategi pemasaran online, Kamu bisa mendapatkan akses tanpa batas dalam memasarkan produk. Kamu bisa memanfaatkan platform online seperti website atau media sosial untuk melakukan pemasaran produk dalam skala kecil maupun besar.

Selain akses tanpa batas, strategi pemasaran online juga bisa membuat kegiatan operasional Kamu selesai dalam waktu yang singkat. Adanya keterhubungan internet memungkinkan Kamu untuk menyelesaikan operasional dengan cepat dan efisien.

7 Strategi Pemasaran Online

Lantas, strategi pemasaran online apa yang efektif untuk meningkatkan penjual? Kami telah merangkum secara khusus beberapa strategi pemasaran online yang bisa Kamu jadikan sebagai referensi.

1. Social Media Marketing

Social Media Marketing
Social Media Marketing

Strategi pemasaran online pertama yang bisa Kamu lakukan adalah Sosial Media Marketing. Media sosial merupakan sarana pemasaran yang banyak pebisnis gunakan saat ini, karena bisa memberikan banyak manfaat dan keuntungan bagi para pebisnis. Misalnya, meningkatkan brand awareness, promosi produk atau layanan secara gratis, dan lainnya.

Sebelum memulai menggunakan Social Media Marketing dalam bisnis, Kamu harus membuat rencana dan target yang lebih spesifik, agar kamu bisa mengukur kesuksesan dalam memanfaatkan strategi Social Media Marketing.

Kamu juga perlu memilih platform media sosial yang sesuai dengan karakteristik bisnismu, agar Kamu bisa melihat atau memonitor platform media sosial mana yang sesuai dengan ide jualan online Kamu.

Ada banyak media sosial terbaik yang bisa Kamu manfaatkan seperti, Instagram, Facebook, Twitter, WhatsApp atau platform media sosial yang memang sesuai dengan karakteristik bisnis Kamu.

2. Content Marketing

Content Marketing
Content Marketing

Content marketing merupakan strategi pemasaran online yang menggunakan teknik promosi dalam pembuatan konten relevan, penting, konsisten untuk menarik perhatian para konsumen yang telah dituju. Itulah mengapa penggunaan Content Marketing harus Kamu terapkan dalam menyusun strategi pemasaran online.

Salah satu strategi content marketing yang bisa Kamu lakukan adalah membuat blog melalui website toko online. Istilah Blog merupakan sebuah jurnal online atau website yang berisi konten dalam bentuk artikel, teks, video, gambar, bahkan hasil riset tertentu.

Semakin bagus dan relevan konten yang Kamu buat, maka semakin besar pula calon konsumen menemukan produk yang Kamu jual melalui mesin pencari. Sehingga Kamu bisa mendapatkan banyak profit melalui strategi ini.

3. Visual Marketing

Visual Marketing
Visual Marketing

Strategi pemasaran online selanjutnya adalah Visual Marketing yang menggunakan elemen desain, grafis, serta gambar dalam melakukan pemasaran. Istilah Visual Marketing sendiri merupakan suatu cara mengkomunikasikan suatu produk atau brand dengan menggunakan gambar, video atau media visual lainnya.

Sebelum membuat konten visual, Kamu harus mengenali karakteristik calon konsumen dengan cara melihat demografi atau preferensi mereka, agar Kamu bisa menentukan konten visual yang menarik sekaligus menyediakan informasi yang para calon konsumen butuhkan.

Selain mengenali karakteristik calon konsumen, Kamu juga perlu menggunakan gambar yang relevan dengan gaya, produk, dan pesan brand Kamu, agar calon konsumen tertarik untuk membeli layanan atau produk yang Kamu tawarkan.

Jika Kamu berhasil membuat konten visual dengan sangat baik, maka Kamu bisa menyebarkan konten visual tersebut melalui Instagram, Facebook, Youtube, Pinterest, atau website toko online sendiri.

4. SEO

SEO
SEO (Search Engine Optimization)

Strategi pemasaran selanjutnya yang bisa Kamu lakukan adalah menggunakan teknik SEO atau Search Engine Optimization. Teknik SEO merupakan tindakan seseorang untuk mengoptimasi website sendiri, agar mendapatkan ranking teratas dalam sistem mesin pencari seperti Google, Yahoo! Search, Bing, dan lainnya.

Setidaknya, bisnis yang Kamu jalankan harus memiliki website untuk menerapkan teknik SEO. Adapun beberapa langkah yang harus Kamu lakukan dalam mengoptimasi SEO seperti melakukan riset keyword yang tepat, menulis konten yang SEO-friendly, memaksimalkan internal link, dan lain sebagainya.

Jika pengetahuan tentang teknik SEO Kamu masih terlalu “dangkal”, maka Kamu bisa mempelajarinya lebih dalam dengan cara browsing di internet terkait penggunaan teknik SEO yang baik dan benar.

5. SEM

SEM
SEM (Search Engine Marketing)

Sama seperti teknik SEO, SEM (Search Engine Marketing) tujuannya adalah meningkatkan visitor website, agar mendapatkan ranking teratas dalam sistem mesin pencari. Akan tetapi teknik SEO bisa Kamu lakukan secara gratis dengan cara mengoptimalkan hasil pencarian organik.

Sedangkan SEM adalah strategi pemasaran dengan cara meningkatkan visitor website melalui iklan berbayar berbentuk PPC (Pay Per Click) yang mana Kamu akan membayar jasa promosi sesuai jumlah klik yang telah para konsumen lakukan.

Menggunakan teknik SEM untuk strategi meningkatkan visitor website memang membutuhkan dana yang lebih. Namun dengan teknik yang tepat, dana tersebut bisa tertutup dan Kamu bisa mendapatkan banyak keuntungan.

6. Email Marketing

Email Marketing
Email Marketing

Strategi pemasaran online pertama yang bisa Kamu lakukan adalah adalah email marketing. Melalui strategi email marketing, Kamu bisa bebas melakukan promosi produk, bahkan konsumen juga bisa mengetahui informasi terbaru produk yang Kamu tawarkan. Sehingga strategi email marketing bisa mempertahankan loyalitas konsumen.

Menggunakan strategi email marketing juga bisa menjaga komunikasi dengan pelanggan, karena email marketing merupakan strategi pemasaran online yang bersifat personal. Sifat personal ini akan memberikan perhatian yang lebih besar dari pelanggan.

7. Personalized Marketing

Visual Marketing
Personalized Marketing

Strategi pemasaran online terakhir yang bisa Kamu coba adalah Personalized Marketing. Istilah Personalized Marketing merupakan tindakan seorang pebisnis untuk memasarkan suatu produk secara personal atau per individu dengan pendekatan berdasarkan demografi. Sehingga produk yang Kamu tawarkan kemungkinan besar menjadi kebutuhan konsumen.

Adapun berbagai cara yang bisa Kamu lakukan untuk menerapkan teknik Personalized Marketing, mulai dari mengumpulkan kontak konsumen, mengirim email secara personal, sapa konsumen secara personal, dan melakukan follow up kepada konsumen dengan memanfaatkan tools WatZap.

Nah, itulah beberapa strategi pemasaran online yang bisa Kamu coba untuk meningkatkan penjualan. Semoga bermanfaat ya!