Strategi Pemasaran Online Paling Ampuh untuk Bisnismu

Strategi Pemasaran Online

Di zaman canggih seperti saat ini, pastinya seluruh orang membutuhkan akses internet termasuk para pebisnis. Pebisnis membutuhkan akses internet untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan tidak terbatas.

Tentu untuk berjualan online para pebisnis memerlukan strategi pemasaran online yang tepat. Nah, pada kesempatan kali ini Saya ingin membahas beberapa strategi pemasaran online yang bisa Kamu terapkan untuk memajukan bisnis Kamu.

Berikut Strategi Pemasaran Online yang Ampuh untuk Bisnis Kamu

1. Content Marketing

Content Marketing
Content Marketing

Pernah dengar istilah “Content is King”? Yaps! banyak para pengguna internet sering mencari informasi di internet. Content Marketing dinilai paling efektif, karena selain bisa menjual produk, kita juga bisa menyampaikan beragam informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan dari konten yang kita sajikan. Konten tersebut bisa berupa artikel atau teks, video, gambar, atau bahkan hasil riset tertentu.

Informasi yang Kamu sajikan harus relevan dan memiliki ketertarikan yang sama dengan bisnis Kamu. Contohnya seperti Kamu jual produk kecantikan, maka Kamu bisa kasih tips bagaimana cara tampil cantik, atau bagaimana cara make up.

2. Social Media Marketing

Social Media Marketing
Social Media Marketing

Sosial Media memang menjadi salah satu platform yang bisa Kamu andalkan untuk berjualan. Ada banyak sosial media yang bisa Kamu manfaatkan seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, atau Twitter.

Dengan memanfaatkan media sosial, Kamu jadi bisa menyebarkan brand atau merek bisnis Kamu kepada orang lain. Bahkan saat ini ada banyak brand yang memanfaatkan sosial media sebagai sarana promosi mereka.

Nah, tool WatZap juga bisa Kamu gunakan untuk mempromosikan bisnis Kamu menggunakan strategi WhatsApp Marketing. Jadi Kamu akan mempromosikan bisnis atau produk Kamu ke kontak WhatsApp yang Kamu miliki.

3. Email Marketing

Email Marketing
Email Marketing

Pernah dapat email berisi pesan promosi? Itu merupakan salah satu strategi pemasaran Email Marketing yang sering digunakan oleh perusahaan ternama.

Nggak hanya perusahaan ternama, bisnis yang baru Kamu rintis pun juga bisa menggunakan strategi marketing ini. Syarat yang harus Kamu lakukan adalah memiliki database email calon konsumen Kamu.

4. SEO

SEO
SEO

SEO atau Search Engine Optimization adalah tindakan untuk memaksimalkan sebuah website. Nah, untuk strategi pemasaran yang satu ini, bisnis yang sedang Kamu rintis setidaknya harus memiliki website.

Adapun tujuan dari SEO adalah membuat website milikmu berada di peringkat teratas Google ketika seseorang mencari suatu kata kunci.

Misalnya Kamu jualan lipstik, ketika orang lain mengetikkan kata kunci “beli lipstik murah”, maka dengan memanfaatkan SEO, website jualan Kamu akan langsung tampil di halaman pertama pencarian Google.

Jadi bisa dikatakan bahwa tujuan dari SEO adalah mendatangkan Organic Traffic atau pengunjung ke website Kamu terlebih dahulu, sebagai upaya untuk memperbesar upaya pembelian dari konsumen.

Namun untuk bisa muncul di halaman pertama Google bukanlah hal yang mudah, Kamu harus mempelajari cara kerja SEO dan rahasia-rahasia mengenai algoritma Google.

5. SEM

SEM
SEM

Berbeda dengan SEO, SEM adalah singkatan dari Search Engine Marketing yang berarti pemasaran di internet dengan cara meningkatkan visibilitas website agar berada di bagian teratas hasil penelusuran mesin telusur contohnya seperti Google.

Yang paling membedakan antara SEO dengan SEM adalah SEO itu gratis, sedangkan SEM adalah berbayar. Biasanya hitungannya itu PPC (Pay Per Click). Lebih mahal? Memang, tapi lebih cepat datangkan banyak calon pembeli.

Nah, itulah beberapa strategi pemasaran online yang bisa Kamu terapkan untuk bisnis Kamu. Kira-kira Kamu mau pakai strategi pemasaran yang mana nih?