8 Strategi Pemasaran Produk untuk Meningkatkan Penjualan
Merancang strategi pemasaran produk yang tepat merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam menjalankan suatu bisnis. Tanpa adanya strategi pemasaran produk yang tepat, maka cukup sulit untuk mengembangkan bisnis yang Kamu jalankan.
Meskipun produk yang Kamu tawarkan memiliki kualitas sangat baik, tetapi hal tersebut tidak akan bisa menghasilkan keuntungan berlipat jika Kamu tidak merancang strategi pemasaran yang tepat dalam menjalankan suatu bisnis.
Oleh karena itu, Kamu harus bisa merancang strategi pemasaran yang tepat untuk mengembangkan bisnis, agar penjualan produk Kamu semakin meningkat.
8 Strategi Pemasaran Produk
Lantas, strategi pemasaran produk apa yang efektif untuk meningkatkan penjual? Kami telah merangkum secara khusus beberapa strategi pemasaran produk yang bisa Kamu jadikan sebagai referensi.
1. Kenali Target Pasar
Strategi pemasaran produk pertama yang bisa Kamu lakukan untuk meningkatkan penjualan adalah mengenali target pasar. Istilah target pasar merupakan sekelompok konsumen yang menjadi target penjualan produk Kamu. Artinya, Kamu perlu melakukan langkah yang tepat untuk menjangkau calon konsumen, agar mereka membeli produk yang Kamu jual.
Untuk mengenali target pasar, Kamu harus mengetahui terlebih dahulu identitas atau segmentasi yang akan menjadi target Kamu. Misalnya, berapa usia rata-rata target, jenis kelamin, lokasi, status ekonomi, pendidikan, dan lain sebagainya.
Melalui kegiatan segmentasi ini, Kamu bisa mendapatkan data-data calon konsumen. Kemudian Kamu bisa mengolah data-data tersebut untuk menentukan segmen pasar sesuai dengan karakteristik bisnis yang Kamu jalankan.
2. Marketing Mix
Istilah Marketing Mix merupakan strategi pemasaran produk yang menggabungkan beberapa komponen seperti products, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence untuk mencapai sebuah tujuan bisnis. Sehingga strategi tersebut harus Kamu coba dalam merencanakan strategi bisnis.
Kamu harus bisa mengidentifikasi setiap komponen Marketing Mix, agar Kamu bisa membuat keputusan pemasaran produk yang paling tepat. Keputusan ini juga bisa menyederhanakan kegiatan pemasaran supaya lebih efektif.
3. Optimalkan Media Sosial
Media sosial merupakan strategi pemasaran yang paling ampuh untuk meningkatkan penjualan, karena hampir semua orang sangat aktif menggunakannya. Melalui media sosial terbaik, Kamu juga bisa mempromosikan layanan atau produk secara gratis. Sehingga Kamu harus mengoptimalkan penggunaan media sosial dalam menjalankan bisnis.
Lantas, bagaimana cara optimalkan media sosial untuk pemasaran? Kamu bisa memposting konten-konten yang unik dan menarik bagi calon konsumen. Sebelum memposting konten tersebut, pastikan kualitas konten yang kamu sudah sudah baik agar calon konsumen tertarik untuk membeli produk Kamu.
Melalui media sosial, Kamu juga bisa menjaring calon konsumen di tempat-tempat tertentu dengan memanfaatkan fitur location sekaligus mengoptimalkan penggunaan hashtag yang relevan agar lebih mudah untuk menggaet konsumen baru.
4. Membuat Banyak Toko Online
Strategi pemasaran produk selanjutnya yang bisa Kamu lakukan untuk meningkatkan penjualan adalah membuka banyak toko online. Karena kegiatan jual beli barang saat ini sudah beralih via online, tentunya Kamu harus mengambil keputusan untuk membuat toko online, agar bisnis Kamu bisa berkembang ke tingkat yang lebih tinggi.
Jangan membuat toko online di satu platform saja! Kamu harus membuat banyak toko online, agar Kamu bisa memonitor platform toko online mana yang sesuai dengan ide jualan online Kamu.
Adapun beberapa platform yang bisa Kamu manfaatkan untuk berjualan secara online:
- Marketplace: Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Zalora, Blibli, Lazada, atau marketplace lainnya.
- Marketplace jasa: Faswork, Projects.co.id, Sribulancer, Upwork, Freelancer, dan marketplace jasa lainnya.
- Forum jual beli: FJB Kaskus, tokobagus.com, Multiply dan juga forum-forum lainnya.
- Website Toko Online Sendiri
Semua platform marketplace dan forum jual beli bisa Kamu gunakan secara gratis. Kamu hanya perlu membuat akun toko online untuk menjalankan bisnis online Kamu. Melalui marketplace, Kamu bisa menjangkau lebih banyak konsumen, karena marketplace sudah memiliki banyak pengguna dan trafik yang tinggi.
Sedangkan membuat website toko online sendiri, Kamu harus mengeluarkan dana lebih untuk membeli domain dan hosting, agar calon konsumen bisa mengakses website toko online Kamu dengan mudah. Istilah domain merupakan alamat website yang unik, tentunya tidak mungkin ada dua nama domain yang sama persis.
Hosting merupakan tempat untuk menyimpan data website agar dapat diakses dengan mudah melalui internet. Tanpa adanya hosting, Kamu tidak akan bisa memiliki toko online, bahkan hosting yang cepat juga bisa berdampak pada kredibilitas bisnis online Kamu.
Melalui website toko online sendiri, Kamu bisa dengan bebas mengelolanya sesuai dengan kebutuhan bisnis. Misalnya, membuat kampanye promosi produk dengan bebas, melakukan branding produk, atau mengembangkan ide bisnis online sesuai rencana Kamu.
5. Gunakan Strategi Content Marketing
Jika Kamu memiliki website toko online sendiri, maka tidak ada salahnya untuk menerapkan Content Marketing dalam merencanakan strategi pemasaran produk. Content Marketing merupakan salah satu teknik promosi yang bertumpu pada pembuatan konten yang relevan, bermanfaat untuk menarik perhatian target yang dituju.
Membuat blog melalui website toko online sendiri bisa menjadi salah satu strategi Content Marketing yang harus Kamu coba, karena blog yang menarik bisa meningkatkan reputasi bisnis online Kamu. Istilah Blog merupakan sebuah website yang berisi konten-konten dalam bentuk artikel, foto, atau video.
Melalui blog, Kamu bisa membangun hubungan dekat dengan calon konsumen, menunjukkan sisi friendly bisnis, lebih banyak menjangkau konsumen, atau memberikan edukasi tambahan kepada konsumen tentang produk yang Kamu tawarkan.
Selain membuat konten blog yang menarik, Kamu juga harus menerapkan teknik SEO (Search Engine Optimization) dalam menulis blog agar konten yang Kamu buat mampu menempati posisi teratas dalam hasil pencarian.
Jika pengetahuan tentang teknik SEO Kamu masih terlalu “dangkal”, maka Kamu bisa mempelajarinya lebih dalam dengan cara browsing di internet terkait menerapkan teknik SEO yang baik dan benar.
6. Lakukan Promosi Produk Secara Online
Strategi pemasaran produk selanjutnya yang bisa Kamu lakukan untuk meningkatkan penjualan adalah melakukan promosi produk secara online untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Kamu bisa mempromosikan produk secara gratis melalui berbagi platform media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan lainnya.
Jika Kamu memiliki dana yang lebih, maka tidak ada salahnya untuk melakukan penayangan iklan melalui fitur ads berbayar pada platform media sosial. Melalui iklan berbayar, Kamu bisa dengan mudah mencapai target pemasaran yang telah Kamu tentukan sebelumnya.
Selain melakukan penayangan iklan di media sosial, Kamu juga bisa mengoptimalkan teknik SEO pada website toko online, agar produk yang Kamu promosikan bisa dengan mudah masuk ke halaman pertama pencarian Google.
7. Manfaatkan Word of Mouth Marketing
Strategi pemasaran produk selanjutnya yang bisa Kamu lakukan adalah memanfaatkan strategi Word of Mouth Marketing. Sama seperti namanya, Word of Mouth merupakan strategi pemasaran yang dilakukan dari mulut ke mulut, seperti rekomendasi atau testimoni atas kepuasan konsumen setelah menggunakan suatu produk.
Untuk mendapatkan word of mouth yang baik, Kamu bisa meminta konsumen untuk memberikan testimoni positif terhadap produk melalui pernyataan tertulis, atau membuat video singkat mengenai kepuasan mereka terhadap produk yang Kamu jual.
Kamu juga bisa menyewa jasa endorsement selebgram atau micro influencer lainnya untuk membantu proses branding produk yang Kamu jual, karena figur influencer sudah memiliki jumlah followers yang sangat banyak.
Sebelum mulai menggunakan jasa seorang influencer, Kamu harus mencari influencer yang memiliki riwayat baik, serta memiliki followers yang sesuai dengan target pemasaran produk Kamu.
8. Manfaatkan Google Bisnisku
Selain Word of Mouth Marketing, memanfaatkan Google Bisnisku juga bisa menjadi salah satu strategi pemasaran produk yang efektif untuk meningkatkan penjualan. Google Bisnisku memiliki tools yang sangat berguna untuk mempermudah calon konsumen dalam mengetahui informasi terkait bisnis yang Kamu jalankan secara detail.
Misalnnya, nama bisnis, alamat\lokasi, nomor telepon, website, alamat email, jam operasional, foto kantor, review pelanggan atau beberapa informasi penting lainnya yang sangat berguna saat calon konsumen ingin mengunjungi atau menghubungi bisnis Kamu.
Selain mempermudah calon konsumen, Kamu juga bisa mendapatkan demografi pengunjung website melalui Bisnisku, mulai dari umur, gender, dan negara asal konsumen kamu. Sehingga Kamu bisa mengetahui lebih detail tentang pengunjung Kamu.
Nah, itulah beberapa strategi pemasaran produk yang bisa Kamu coba untuk meningkatkan penjualan. Semoga bermanfaat ya!