5 Tips Menjaga Loyalitas Pelanggan

Tips Menjaga Loyalitas Pelanggan

Menjalankan bisnis bukanlah hal yang mudah, bisa dibilang menjalankan bisnis sama saja dengan suatu tantangan. Pastinya ada banyak tantangan bisnis yang akan Kamu hadapi saat menjalankan suatu bisnis, salah satunya adalah menjaga loyalitas pelanggan agar terus percaya dengan bisnis Kamu.

Pelanggan adalah aset yang sangat penting bagi para pebisnis. Maka dari itu, sebagai pebisnis sudah menjadi kewajiban untuk menjaga aset yang dimiliki, termasuk pelanggan. Nah, kali ini ada beberapa tips menjaga loyalitas pelanggan agar tidak berpaling ke kompetitor.

Ini Tips Menjaga Loyalitas Pelanggan Agar Setia dengan Kamu

1. Selalu Berikan Perhatian Lebih

Selalu Berikan Perhatian Lebih
Selalu Berikan Perhatian Lebih

Ibarat pasangan, agar saling setia tentu butuh saling perhatian, bukan? Nah, sama halnya dengan menjaga loyalitas pelanggan, Kamu juga perlu memberikan pelayanan dan perhatian yang baik terhadap konsumen.

Sikap dan pelayanan yang baik kepada konsumen tentunya bisa meningkatkan penjualan bisnis Kamu juga. Bahkan terkadang jika produk yang Kamu jual tidak terlalu bagus, namun pelayanan yang Kamu berikan bagus bahkan melewati ekspetasi konsumen, pasti si konsumen akan tetap membeli produk Kamu itu.

Sedangkan jika pelayanan Kamu buruk, mau sebagus apapun produk Kamu pasti konsumen akan berpikir dua kali untuk beli di Kamu.

Membudayakan sikap melayani dengan cara memberikan perhatian khusus dapat membuat konsumen Kamu tidak berpaling ke kompetitor. Contoh perhatian khusus kepada pelanggan Kamu adalah mendengarkan masukan dan keluhan pelanggan tentang produk Kamu.

Dengan memberikan perhatian khusus kepada konsumen, konsumen akan merasa spesial dan pastinya akan membuat dia secara terus-menerus menggunakan produk Kamu, bahkan mengajak orang lain untuk menggunakan produk Kamu juga.

2. Biasakan Melakukan Interaksi dengan Pelanggan

Biasakan Melakukan Interaksi dengan Pelanggan
Biasakan Melakukan Interaksi dengan Pelanggan

Salah satu tips untuk menjaga loyalitas pelanggan adalah dengan membiasakan diri melakukan interaksi dengan pelanggan. Interaksi tentu bisa dilakukan baik sebelum maupun sesudah transaksi jual-beli terjadi.

Salah satu contoh interaksi dengan pelanggan sebelum melakukan transaksi adalah menanyakan tentang produk yang dijual. Mulai dari manfaat, fitur, hingga harga yang ditanyakan oleh konsumen.

Sedangkan contoh interaksi dengan pelanggan setelah melakukan transaksi adalah menanyakan kepada pelanggan Kamu mengenai produk yang sudah dibeli olehnya.

Membiasakan diri dengan berinteraksi dengan pelanggan adalah salah satu cara terbaik menjaga loyalitas pelanggan.

Nah, biar makin mudah berinteraksi dengan pelanggan, Kamu bisa memanfaatkan tool WatZap. Dengan WatZap, Kamu bisa mempromosikan produk ke kontak WhatsApp yang Kamu miliki.

Tidak hanya promosi produk, tapi juga bisa digunakan untuk berinteraksi seperti bertanya kabar, melakukan follow up, dan lain sebagainya.

3. Berikan Tawaran yang Menarik Minat Pelanggan

Berikan Tawaran yang Menarik Minat Pelanggan
Berikan Tawaran yang Menarik Minat Pelanggan

Memberikan tawaran yang menarik minat pelanggan tentu saja bisa membuat pelanggan loyal terhadap bisnis Kamu. Misalnya Kamu memberikan harga promo atau diskon terhadap produk tertentu.

Selain harga promo atau diskon, Kamu juga bisa membuat program kartu member bisnis. Tentunya setiap konsumen yang menjadi member akan mendapat keuntungan. Dengan adanya kartu member tersebut, Kamu bisa mendorong pelanggan setia untuk berbelanja di tempat Kamu.

4. Pertahankan Kualitas Produk Kamu

Pertahankan Kualitas Produk Kamu
Pertahankan Kualitas Produk Kamu

Produk yang berkualitas tentu saja bisa mempertahankan keloyalan pelanggan terhadap bisnis Kamu. Maka dari itu Kamu perlu mempertahankan kualitas dari produk yang Kamu jual. Produk yang sudah banyak dikenal konsumen akan banyak memiliki pelanggan setia, bahkan pelanggan akan membantu memasarkan produk tersebut dari mulut ke mulut.

Untuk mempertahankan kualitas produk, Kamu bisa rutin melakukan pengecekan produk, selalu mendengarkan masukan konsumen, serta rutin melakukan evaluasi.

5. Selalu Membina Hubungan yang Saling Menguntungkan

Selalu Membina Hubungan yang Saling Menguntungkan
Selalu Membina Hubungan yang Saling Menguntungkan

Tips terakhir untuk menjaga loyalitas pelanggan adalah dengan saling memberikan keuntungan. Kebanyakan pebisnis hanya memikirkan keuntungannya sendiri, tanpa memikirkan kepuasan konsumen.

Padahal kepuasan konsumen adalah kepercayaan konsumen pada produk atau bisnis Kamu. Tentu dengan kepercayaan dari konsumen, maka Kamu akan dengan mudah mendapatkan loyalitas konsumen.

Sebagai penjual, kita harus memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen. Selain itu kita juga perlu memberikan jaminan atas produk yang dibeli oleh konsumen.

Sedangkan dari sisi konsumen, hubungan timbal-balik yang menguntungkan adalah dengan memberikan masukan terhadap produk yang dibelinya. Sehingga penjual bisa terus melakukan upgrade agar tercapai produk yang sempurna.

Nah, itulah beberapa tips menjaga loyalitas konsumen agar tetap setia dengan bisnis Kamu. Gimana menurut Kamu? Sudah pernah coba belum tips di atas?